Mudahnya Membuat Aplikasi Text To Speech Dengan App Inventor - Inovasi Merdeka Belajar

Breaking

Inovasi Merdeka Belajar

INOVASI MERDEKA BELAJAR

Wednesday 22 April 2020

Mudahnya Membuat Aplikasi Text To Speech Dengan App Inventor

Mudahnya Membuat Aplikasi Text To Speech Dengan App Inventor


App Inventor adalah aplikasi web sumber terbuka yang awalnya dikembangkan oleh Google, dan saat ini dikelola oleh Massachusetts Institute of Technology (MIT).

App Inventor memungkinkan pengguna baru untuk memprogram komputer untuk menciptakan aplikasi perangkat lunak bagi sistem operasi Android. App Inventor menggunakan antarmuka grafis, serupa dengan antarmuka pengguna pada Scratch dan StarLogo TNG, yang memungkinkan pengguna untuk men-drag-and-drop objek visual untuk menciptakan aplikasi yang bisa dijalankan pada perangkat Android. Dalam menciptakan App Inventor, Google telah melakukan riset yang berhubungan dengan komputasi edukasional dan menyelesaikan lingkungan pengembangan online Google. (Wikipedia) 

Asssalamualaikum Wr. Wb.
Bertemu lagi dengan Inovasi Merdeka Belajar, kali ini kita akan belajar bersama membuat aplikasi android sederhana menggunakan MIT App Inventor. Untuk menggunakan aplikasi ini sangatlah mudah, kita tidak perlu melakukan instalasi perangkat lunak di komputer kita, cukup kita buka browser, sebaiknya Chrome/Mozilla Firefox, lalu di kotak adressnya kita ketikkan: ai2.appinventor.mit.edu , lalu login dengan akun Google Bapak/Ibu.
Setelah login kita dihadapkan dengan halaman dengan sebuah jendela popup welcome to App Inventor, klik pada tombol continue di bagian bawah jendela tersebut. Pada halaman berikutnya klik tombol Start new roject pada bagian kiri atas halaman ini.

Bapak/Ibu, sebagai contoh kali ini kita akan membuat sebuah proyek aplikasi yang dapat mengubah teks menjadi suara (Text to speech). Aplikasi ini cukup berguna bagi guru Bahasa Inggris. Dengan aplikasi ini siswa dapat belajar mengucapkan sebuah kata/frase/kalimat bahasa inggris. Siswa menuliskan sebuah kata/frasa/kalimat, lalu klik
Berikut adalah komponen dari rancangan aplikasi yang akan kita buat.


Jika ingin membaca kelanjutan dari artikel ini, silahkan Bapak/Ibu beri komentar dulu, Insya Allah jika memang ada yang ingin mengikuti kelanjutan tulisan ini, saya akan lanjutkan..
Wassalam

No comments:

Post a Comment