Cara Agar Tulisan di Blog Enak Dibaca - Inovasi Merdeka Belajar

Breaking

Inovasi Merdeka Belajar

INOVASI MERDEKA BELAJAR

Wednesday 22 April 2020

Cara Agar Tulisan di Blog Enak Dibaca

Cara Agar Tulisan di Blog Enak Dibaca

Membuat tulisan di blog enak dibaca merupakan perkara yang gampang-gampang sulit. Namun jika kita sudah bisa memahami kerangkanya dengan baik, maka membuat tulisan di blog yang enak dibaca bukan lagi perkara yang sukar untuk dilakukan bahkan oleh seorang blogger newbie sekalipun. Postingan ini sangat cocok bagi siapa saja yang ingin memiliki tulisan yang enak di baca dalam blognya, terutama bagi sobat-sobat yang baru mulai blogging jangan dulu terlalu memusingkan masalah SEO maupun desain template, sobat hanya perlu fokus ke bagian cara membangun konten blog yang berkualitas, di antaranya membuat tulisan sobat agar enak dibaca oleh para pengunjung. Jika tahap dasar yang penting ini telah sobat lakukan, maka sobat sudah siap untuk melakukan improvisasi lainnya seperti SEO dan masalah tampilan blog.
Tulisan enak dibaca


Di postingan kali ini saya akan membahas unsur-unsur yang harus dimiliki oleh suatu tulisan dalam blog agar bisa dikatakan sebagai tulisan yang enak dibaca, dan tentunya pembahasan saya ini lebih ke masalah alur penulisan yang alami nan sederhana dimana penulisan ini benar-benar diperuntukkan bagi para pembaca manusia dan bukan hanya sekedar alur tulisan yang diperuntukkan bagi bot search engine (mesin pencarian seperti google) semata. Dengan memiliki alur penulisan yang enak, maka para pengunjung blog akan cepat memahami isi-isi yang kita sampaikan dalam post kita dan memungkinkan para pengunjung memiliki rasa keingintahuan yang lebih tentang isi postingan kita yang lain, dengan kata lain tips sederhana tentang penulisan ini juga mampu meningkatkan jumlah page views blog sobat secara natural.


Tujuan dari tulisan ini sendiri adalah agar para sobat blogger baru tidak terlalu memusingkan hal-hal yang tidak terlalu penting dalam membangun sebuah blog terutama blog yang masih baru. Thoh salah satu tujuan sobat membuat blog adalah memiliki penghasilan tambahan dari dunia online dimana tujuan ini hanya akan tercapai jika sobat mampu mendatangkan pengunjung di blog melalui search engine atau sumber trafik lainnya, sedangkan pengunjung hanya akan datang di blog sobat jika blog sobat sudah memiliki konten informasi berupa artikel-artikel yang menarik dan berkualitas.


Untuk memiliki tulisan di blog yang enak dibaca, setidaknya tulisan sobat sudah memiliki tiga unsur penting, yaitu; tentang tulisan, isi tulisan, dan tujuan penulisan. Banyak blogger Indonesia maupun luar negeri sepakat tentang tulisan yang enak dibaca itu mengandung tiga unsur tersebut, namun saya sendiri menambahkan satu poin lagi, yaitu; kaya akan kata kunci. Dari keempat poin tersebut bisa sobat perhatikan dalam tulisan saya ini, silahkan untuk memperhatikan dari paragraf awal hingga paragraf ketiga, sudah mengandung tiga unsur utama dan satu tambahan dari saya bukan? Untuk mempermudah sobat dalam memahami tiga hingga empat poin tersebut, silahkan untuk membaca rincian saya berikut ini.

Tentang Tulisan

Unsur ini sedikit memaparkan kepada para pembaca tentang tulisan yang telah kita buat. Bisa dikatakan sebagai sinopsis singkat atau basa-basi yang berkaitan erat dengan judul utama sebelum kita masuk ke bagian isi dan tujuan penulisan. Dalam bahasa resmi bagian ini disebut juga sebagai prolog, sobat bisa menyebutnya sebagai kulit luarnya saja. Tentang tulisan harus lah menarik dan mampu menggugah selera para pembaca untuk terus lanjut membaca hingga paragraf-paragraf berikutnya. Mengapa sobat memilih judul tersebut? Sampaikan sedikit kegelisahan dan fenomena yang terjadi hingga sobat mengangkat judul itu ke dalam tulisan kali ini.

Isi Tulisan

Unsur kedua ini memaparkan kepada para pembaca bahwa sobat akan fokus membicarakan topik tertentu di dalam tulisan yang sedang mereka baca, sehingga unsur ini benar-benar menjaga para pembaca untuk tetap yakin bahwa isi tulisan tidak keluar dari judul utama. Bagian ini berfungsi untuk mempertajam judul post atau artikel yang telah sobat tulis. Sampaikan kepada para pembaca melalui unsur paragraf ini bahwa isi dari judul post utama bisa ditemukan mulai pada paragraf ini dan usahakan dalam paragraf ini sobat mampu membuat para pengunjung tahu bahwa mereka akan menemukan hal-hal tersebut di dalam tulisan yang sedang mereka baca hingga selesai. Para pengunjung hanya akan yakin untuk lanjut membaca tulisan sobat dan tidak buru-buru meninggalkan blog jika informasi yang sedang mereka cari benar-benar ada di dalam tulisan dan bukan hanya sekedar ada di dalam judul post saja.

Tujuan Penulisan

Unsur tujuan penulisan membantu para pengunjung yakin bahwa tulisan yang sedang mereka baca memang diperuntukkan bagi mereka. Sobat telah menjelaskan tentang dan isi tulisan, namun itu belum menjamin bahwa para pembaca mau terus membaca tulisan sobat hingga akhir. Beri tahu kepada mereka bahwa tulisan ini benar-benar memiliki tujuan yang jelas. Jika para pembaca sudah sampai pada bagian ini, sepanjang apapun tulisan sobat, maka mereka akan tetap terus membacanya hingga akhir. Alasannya? Karena sobat telah berhasil meyakinkan tulisan itu memang untuk mereka dan ada untuk membantu menyelesaikan problem mereka. Ada banyak tulisan yang memiliki isi yang berkualitas, namun karena si penulis gagal meyakinkan bahwa tulisan yang ia buat memang diperuntukkan bagi si pembaca melalui paragraf tujuan penulisan, akhirnya si pembaca buru-buru kabur dari blog apalagi setelah ia melihat-lihat ternyata tulisannya banyak sekali dan hampir tidak memiliki gambar.

Kaya Akan Kata Kunci

Sebenarnya unsur yang keempat ini kaitannya dengan SEO, namun saya pribadi masih menilainya sebagai dasar yang harus benar-benar dipahami sejak awal-awal membangun suatu blog. Yang saya maksud dengan kaya akan kata kunci itu bukan terus-terusan mengulang kata-kata tertentu dengan suatu kata yang sama dalam satu artikel apalagi dalam paragraf yang sama. Google akan mendeteksinya sebagai tindakan SPAM jika sobat melakukannya dengan tidak benar. Tulisan sobat akan dikatakan memiliki kata kunci atau keyword yang kaya jika sobat mampu menggunakan istilah tertentu secara berulang kali namun tidak terlihat dipaksakan. Salah satu cara agar penggunaan kata kunci menjadi terlihat alami adalah dengan tidak menggunakan kata-kata yang sama persis melainkan sinonimnya. Selama sobat membaca post ini pasti sobat banyak menemukan kata-kata yang memiliki arti yang sama, itu lah yang saya maksud. Jika sobat fokus pada kata kunci “cara membuat tulisan alami di blog” sesekali sobat bisa menggunakan kata kunci “agar tulisan di blog terlihat natural”, seperti itu.

Sekian saja dulu tulisan tentang agar tulisan di blog enak dibaca oleh para pengunjung. Semoga bisa membantu sobat dalam membangun konten informasi yang disukai oleh banyak visitor blog sobat. Terima kasih telah berkunjung kemari.

No comments:

Post a Comment