Kumpulan Kisah Sahabat Nabi - Inovasi Merdeka Belajar

Breaking

Inovasi Merdeka Belajar

INOVASI MERDEKA BELAJAR

Thursday 30 April 2020

Kumpulan Kisah Sahabat Nabi

Artikel Terkait Kisah Sahabat Nabi


Hasil gambar untuk sahabat nabi muhammad
Abdullah Ibnu Rawahah, Sang Penyair yang Syahid di Medan Perang
Dan datanglah waktunya perang Muktah. Abdullah bin Rawahah adalah panglima yang ketiga dalam pasukan Islam. Ia melantunkan syair-syairnya untuk membakar semangat pasukan Muslim.
Abdurrahman bin Auf Bertambah Kaya Raya karena Kurma Busuk
Bisnis yang dikelola Abdurrahman selalu menghasilkan cuan. Ia tidak hanya berdakwah lewat harta. Ia juga berpartisipasi dalam beragam peperangan.
Mu'adz bin Jabal, Syahid di Usia Muda Karena Wabah Thoun
Muadz termasuk barisan orang yang pertama kali masuk Islam. Ia memeluk Islam pada usia 18 tahun. Beliau syahid pada usia 33 tahun karena wabah tho'un.
Abu Ubaidah Panglima Perang yang Syahid karena Wabah Thoun
Sahabat Nabi, Abu Ubaidah ibnu Al-Jarrah syahid terkena wabah virus Tho'un yang menyerang Negeri Syam pada pada tahun 16 Hijriyah atau 640 Masehi.
Sahabat Nabi yang Wafat karena Wabah Penyakit
Jangan pernah mencela orang yang terkena penyakit seperti virus Corona. Karena sahabat Nabi juga ada yang wafat disebabkan wabah penyakit dan berakhir mati syahid.
Inilah Alasan Mengapa Abu Hurairah Lebih Banyak Meriwayatkan Hadis
Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu (RA) adalah salah satu di antara sahabat Rasulullah SAW yang paling banyak meriwayatkan hadis. Berikut ulasannya.
Umar Masuk Islam, Makkah Gempar dan Kaum Musyrikin Ketakutan (2)
Pada bagian pertama, Syeikh Shafiyyur-Rahman Al-Mubarakfury telah menceritakan kisah Umar Bin Khattab yang terkejut mendengar saudara perempuan dan iparnya membaca Surah Thaha.
Inilah Doa yang Diajarkan Nabi Ketika Khalid bin Walid Insomnia
Panglima perang muslim, Khalid bin Walid RA pernah mengeluhkan susah tidur malam (insomnia) kepada Rasulullah SAW. Berikut doa yang diajarkan Nabi.
Pujian Indah Sayyidina Abbas kepada Rasulullah SAW
Al-Habib Quraisy Baharun menceritakan salah satu pujian indah Sayyidina Abbas yang dipersembahkannya kepada Baginda Rasulullah SAW. Berikut pujiannya.
Terlalu Kaya, Abdurrahman bin Auf Telat Masuk Surga Setengah Hari
Siang itu Kota Madinah yang berpasir terik menyengat dikejutkan oleh serombongan pasukan berkuda yang dipenuhi barang-barang berharga.
Kisah Mush'ab bin 'Umair, Sahabat Nabi yang Dicintai
Dai yang juga penulis buku-buku Islami, Ustaz Salim A Fillah menceritakan satu kisah sahabat Nabi yang mengagumkan, Mush'ab ibn 'Umair.
Kisah Ibnu Mas'ud dan Abu Jahal yang Sombong
Meskipun bertubuh kecil, Ibnu Mas'ud radhiallahu 'anhu (RA) dikenal sebagai ahli Qur'an. Keindahan suaranya melantunkan Al-Qur'an pernah dipuji Rasulullah SAW.
Kisah Tobatnya Seorang Penyanyi karena Mendengar Ucapan Sahabat Nabi
Ketika sahabat Nabi Abdullah bin Mas'ud radhiallahu 'anhu (RA) berjalan di Kota Kufah, ada sekelompok ahli maksiat sedang berkumpul dan bernyanyi di sebuah rumah.
Kehebatan Anak-anak Muda di Sekitar Rasulullah SAW
Tidak banyak memang sejarah kenabian yang mengulas seputar kontribusi para anak muda di sekitar Rasulullah SAW.
Sahabat Ini Tidak Tidur Semalaman karena Cintanya kepada Rasulullah
Nabi Muhammad SAW pernah bersabda kepada sahabat, Anta ma'a man ahbabta yang artinya kamu akan (dikumpulkan) bersama orang yang engkau cintai.
Sahabat Penghuni Surga Ini Kerap Dipuji Rasulullah, Ternyata Ini Amalannya
Ketika para sahabat sedang duduk-duduk bersama Rasulullah SAW, tiba-tiba Beliau berkata, Sebentar lagi akan datang seorang laki-laki penghuni Surga.
Kisah Umar dan Wabah Penyakit Tho'un di Syam
Pada masa kekhalifahan Umar bin Khattab radhiallahu 'anhu (RA), wabah penyakit tho'un pernah menjangkiti negeri Syam. Dalam peritiwa itu sekitar 20.000 orang lebih meninggal dunia.
Kisah Perbedaan Pendapat Sahabat Pada Masa Rasulullah SAW
Ustaz Abdul Somad, dai yang juga alumnus S-3 Oumdurman Islamic University, Sudan, menceritakan kisah ikhtilaf (perbedaan pendapat) sahabat pada masa Rasulullah SAW dalam bukunya 37 Masalah Populer.
Inilah Sahabat yang Mengkhatamkan Al-Qur'an Dalam Salat Malamnya
Al-Qur'an terdiri dari 114 surat dan 1.027.000 huruf (menurut Imam Syafi'i). Jika 1 huruf sama dengan 10 kebaikan, maka berapa kebaikan yang kita dapat ketika membaca dan mengkhatamkannya?
Kisah Keislaman Hamzah, Singa Allah yang Mengagumkan
Dalam Sirah Nabawiyah karya Syeikh Shafiyyur-Rahman Al-Mubarakfury diceritakan sebuah kisah mengagumkan yaitu masuk Islamnya Sayyidina Hamzah radhiallahu 'anhu (paman Nabi SAW)

Arti Cinta Bagi Para Sahabat Nabi, Yuk Ambil Hikmahnya!
Apa sebenarnya cinta itu? Cinta tak bisa dijelaskan dengan kata-kata karena ia lahir dari hati yang suci. Beginilah para sahabat memperlihatkan cinta sejati kepada Baginda Rasulullah SAW.
Jauhi Ghibah! Istri Nabi Pernah Ditegur Gara-gara Sebut si Fulan Pendek
Salah satu perbuatan tercela yang sangat dibenci Allah adalah ghibah atau menggunjing orang lain. Bahkan Allah mengancam pelakunya dengan azab memakan daging saudaranya sendiri.
Kisah Sahabat Nabi Terhalang ke Masjid karena Jalanan Banjir
Rasulullah SAW membolehkan umatnya salat di rumah karena uzur. Dalam riwayat Ibnu Majah, diceritakan kisah sahabat dari Bani Salim yang salat di rumahnya karena terhalang ke masjid.
Merinding! Beginilah Siksaan yang Dialami Sahabat Nabi Saat Dakwah Jahriyyah
Di masa dakwah (tahapan kedua) Rasulullah SAW dan sahabat mengalami ujian amat berat. Pembesar kafir Quraisy memutuskan untuk melakukan penyiksaan terhadap para sahabat.
Masya Allah! Tangan Kasar Sahabat Ini Pernah Dicium Rasulullah
Suatu hari, Rasulullah SAW berjumpa dengan salah seorang sahabat bernama Sa'ad al-Khudri di salah satu sudut kota Madinah. Profesi sahabat ini berbeda dengan sahabat lainnya.
Kisah Menakjubkan Ketika Abu Bakar Memeluk Islam
Sosok Abu Bakar radhiallahu 'anhu (RA) adalah sahabat yang mendapat tempat tertinggi di sisi Rasulullah SAW. Beliau termasuk orang-orang yang paling awal memeluk Islam (As-Sabiqun Al-Awwalun).
Kisah Abu Dujanah yang Membuat Rasulullah Berderai Air Mata
Dalam kitab I'anatuth-Thalibin Bab Luqatah karya Abu Bakar bin Muhammad Syatha Ad-Dimyati (wafat 1302 H) diceritakan sebuah kisah yang membuat Rasulullah SAW meneteskan air mata.
Kisah Sayyidina Ali dan Malaikat yang Menahan Terbitnya Matahari
Dalam Kitab Al-Mawa'izh Al-'Usfuriyah (nasihat-nasihat ringan), Syeikh Muhammad bin Abu Bakar Ushfury menceritakan kisah Sayyidina Ali bin Abi Thalib RA yang mengagumkan.
Ini Hadis Masyhur Agar Berkasih Sayang kepada Seluruh Makhluk
Dalam Kitab Al-Mawa'izh Al-'Usfuriyah, Syeikh Muhammad bin Abu Bakar Ushfury menukil salah satu hadis Nabi Muhammad SAW tentang pentingnya berkasih sayang kepada seluruh makhluk.
Kecerdasan Ali bin Abi Thalib Ketika Diuji Kaum Khowarij
Pada suatu ketika, Rasulullah SAW bersabda: (Ana madinatul 'ilmi wa 'Aliyyun baabuha) yang artinya Aku adalah kota ilmu dan Ali pintu masuknya.
Kisah Budak Hitam yang Bakal Menjadi Raja di Surga
Ulama besar Syeikh Ibnu Atho'illah As-Sakandari (wafat 1309) mengungkap sebuah kunci agar dapat menghasilkan buah takwa yang sempurna. Beliau juga menceritakan kisah budak yang menjadi ahli surga.
Mukjizat Nabi SAW Menerangi Jalan Sahabat Saat Gelap Gulita
Kisah Nabi Muhammad SAW dan keagungannya tak pernah bosan untuk dipelajari dan diceritakan. Selain kemuliaan akhlak, Rasulullah juga memiliki mukjizat yang membuat sahabat takjub.
Tiga Penghafal Qur'an Pertama di Dunia
Ada tiga penghafal qur'an pertama dalam sejarah Islam yang memiliki andil mengumpulkan lembaran Alqur'an sepeninggal Rasulullah SAW.
Biografi Ali bin Abi Thalib, Khalifah Bergelar Karramallahu Wajhah
Ali bin Abi Thalib radhiallahu 'anhu (599-661) adalah Khalifah keempat (terakhir) dari Khulafa' Ar-Rasyidun yang berkuasa sekitar 4-5 tahun.
Biografi Utsman bin Affan, Khalifah Ketiga Pemilik Dua Cahaya
Setelah Abu Bakar RA wafat, kekhalifahan Islam dipegang oleh sahabat Nabi bernama Utsman bin Affan. Beliau merupakan Khulafaur Rasyidin dengan masa kekuasaan terlama (644-656).
Kisah Umar bin Khattab, Khalifah Kedua yang Ditakuti Setan
Khalifah Islam kedua bernama lengkap Umar bin Khatthab bin Nufail bin Abdul Izzy bin Rabah bin Qirath bin Razah bin Adi bin Ka'ab bin Luay Al-Quraisy Al-'Adawy. Beliau terkadang dipanggil dengan Abu Hafash dan digelari Al-Faruq.
Kisah Setan yang Mengajarkan Ayat Kursi kepada Abu Hurairah
Ada satu kisah menarik yang sarat hikmah dan bisa dijadikan amalan bagi yang ingin berlindung dari godaan dan kejahatan setan.
Biografi Abu Bakar, Sahabat Paling Terdepan Membela Rasulullah SAW
Abu Bakar radhiallahu 'anhu (RA) bernama lengkap 'Abdullah bin Abu Quhafah atau lebih dikenal dengan Abu Bakar Ash-Shiddiq. Beliau salah satu orang yang awal memeluk Islam dan khalifah pertama.
Kisah Bilal dan Adzan Terakhir yang Menggetarkan Madinah
Bilal bin Rabbah RA, sahabat Nabi berkulit hitam dari Habsyah (Ethiopia) yang memeluk Islam ketika menjadi budak. Beliau dimerdekakan Sayyidina Abu Bakar saat disiksa kafir Quraisy.
Kisah Julaibib, Sahabat Nabi yang Jadi Rebutan Bidadari
Ada satu kisah sahabat Nabi yang begitu menyentuh hati karena memilih berjihad bersama Rasulullah SAW, daripada kenikmatan dunia.

No comments:

Post a Comment