Mengaplikasikan Augmented Reality Dalam Pembelajaran - Inovasi Merdeka Belajar

Breaking

Inovasi Merdeka Belajar

INOVASI MERDEKA BELAJAR

Wednesday 22 April 2020

Mengaplikasikan Augmented Reality Dalam Pembelajaran

Mengaplikasikan Augmented Reality Dalam Pembelajaran


Beberapa waktu lalu ribuan orang kecanduan bermain game Pokemon Go. Pokemon Go merupakan permainan yang menggabungkan dunia (objek) nyata dengan dunia atau objek maya (virtual). Istilah untuk menggabungkan objek nyata dengan objek maya seperti itu dikenal sebagai augmented reality.

;
Tentunya akan sangat menarik jika pembelajaran dirancang seperti permainan pokemon Go tersebut. Objek objek nyata seperti kertas misalnya ketika discan dengan kamera HP kemudian akan memunculkan objek objek virtual yang menarik seperti animasi, audio, atau video.




Tentunya Bapak/Ibu akan berpikir, hal itu memang menarik tetapi apakah kita bisa membuatnya? 
Bisa. Karena saat ini tidak terlalu sulit untuk membuat hal seperti itu. Yang kita butuhkan hanyalah sebuah aplikasi bernama Aurasma Studio (Sekarang berganti nama menjadi HP Reveal Studio, Klik Disini untuk membuat akunnya
Contoh skenario pembelajarannya:
Dalam sebuah kelas Bahasa Inggris, seorang guru akan menjelaskan topik tentang binatang.
  1. Buatlah kelompok siswa sesuai dengan pengelompokkan binatang, misalnya Mamalia, Burung, Reptil dsb.
  2. Buatlah lembar kerja yang memungkinkan siswa mengelompokkan binatang binatang tersebut serta memberi deskripsi singkat tentang binatang tersebut
  3. Tuliskan nama nama binatang itu dalam selembar kertas untuk setiap nama binatang
  4. Carilah di internet, file suara, dan gambar binatang binatang tersebut.
  5. Sematkan file tersebut dengan objek nyata berupa kertas yang bertuliskan nama binatang menggunakan aplikasi Aurasma.
  6. Tempelkan kertas kertas tadi di tempat tempat yang agak tersembunyi
  7. Pasang aplikasi Aurasma (HP Reveal) di HP Siswa. 
  8. Perintahkan siswa mencari kertas kertas tadi lalu jika ketemu arahkan HP siswa pada kertas tersebut. Maka ketika kamera tersebut mengarah ke kertas tadi, di HP Siswa akan muncul suara atau gambar yang berkaitan dengan nama binatang tersebut.
  9. Setelah selesai siswa kembali ke tempat duduk masing masing untuk mengerjakan lembar kerjany
Demikian Bapak/Ibu sebuah contoh sederhana mengaplikasi Augmented Reality dalam pembelajaran. Bapak/Ibu guru tentunya akan dapat merancang pembelajaran yang lebih menarik lagi. Semoga bermanfaat... Salam guru pembelajar!

No comments:

Post a Comment