TEORI KONSEP TERAPAN PRAKTIK TERBAIK MERDEKA BELAJAR - Inovasi Merdeka Belajar

Breaking

Inovasi Merdeka Belajar

INOVASI MERDEKA BELAJAR

Monday, 28 September 2020

TEORI KONSEP TERAPAN PRAKTIK TERBAIK MERDEKA BELAJAR

TEORI KONSEP TERAPAN PRAKTIK TERBAIK MERDEKA BELAJAR



1.               Merdeka belajar adalah: merdeka lahir dan bantin yang dikembalikan pada kodratnya adalah makluk yang memiki kehendak sehingga akan menjadikan mereka mandiri sadar akan hak dan kewajibannya supaya bisa berkontribusi bagi masyarakat

2.       pendidikan memanusiakan anak artinya Pendidik berorientasi pada kepentingan terbaik

3.       dikatakan merdeka belajar jika siswa ikut serta:

a.       menentukan tujuan belajar

b.      menentukan cara belajar

c.       menentukan cara evaluasi

d.      merefleksi proses belajar

4.       pendidikan harus unlern, harus percaya bahwa pendidikan itu baik, berfikir ulang dan menerapkan kembali

5.       Tujuan pendidikan jika siswa itu belajar tanpa paksaaan, karena mereka haus akan belajar untuk menjawab tantangan hidup, yang harus sudah ada pergeseran paradikma lama berkenaan mindset bahwa belajar itu bukan lagi kewajiban tapi tapi suatu kebutuhan sesuai dengan harapan dan cita cita hidupnya dengan menyesuaikan kodrat zaman

6.       Tujuan pendidikan agar mereka bisa mandiri dan merdeka dari tekanan agar bisa berkontribusi bagi masyarakat sesuai dengan kodrat dan jati dirinya dengan tuntunan guru dan sesuai dengan kesepakatan-kesepakatan bersaama antara peserta didik dan pendidik

7.       Siswa tidak hanya belajar dari guru pengampu tapi bisa dari praktisi pendidikan maupun pengalaman terbaik dari semua orang.

8.       Fungsi sekolah sebagai penghubung dan fasilitator siswa dengan dunia nyata dengan membangun empati dan sensitifitas mereka dengan masalah-masalah nyata di luar sekolah

9.       Sebisa mungkin sekolah menjadi ekosistem yang nyaman dan aman bagi siswa untuk mengembangkan potensi dan jati dirinya

10.   Penilaian pembelajaran tidak harus oleh pendidik tapi juga bisa melalui diri sendiri, teman, pelaku berbagai bidang yang sesuai dengan kompetensi yang diajarkan

11.   Penilaian atau evaluasi dilakukan bersama dengan cara berdinamika bersama untuk mencapai tujuan yang diharapkan bersama

12.   Hasil pembelajaran dalam bentuk karya dan perbuatan

13.   Tantangan yang dihadapi siswa belum terbiasa mandiri untuk menentukan tujuan belajar, berfikir kritis dan menyuarakan pendapat dikarenakan system pendidikan sebelumnya yang tidak memerdekaan sehingga membelenggu fikiran mereka untuk berkembang yang biasa disuruh untuk mempelajari mata pelajaran dan tidak tau manfaat mata pelajaran itu dipelajari dalam kehidupan nyata

14.   Tantangan selanjutnya perkembangan zaman yg sangat cepat yang menuntu mereka untuk mandiri

15.   Tantangan lainnya adalah dari tenaga pendidik bahwa program yang baru kemauan itu masih berat dan masih berada pada zona nyaman

16.   Tujuan sekolah membuat program unggulan adalah sekolah menjual prodak pada masyarakat, tergantung masyarakat yang memilih


No comments:

Post a Comment