AKSI NYATA PIRAMIDA TERBALIK “One Day, One to 3 support (Reading, Writing, Sharing)” Menuju Merdeka Belajar - Inovasi Merdeka Belajar

Breaking

Inovasi Merdeka Belajar

INOVASI MERDEKA BELAJAR

Monday 28 September 2020

AKSI NYATA PIRAMIDA TERBALIK “One Day, One to 3 support (Reading, Writing, Sharing)” Menuju Merdeka Belajar

 

AKSI NYATA

“One Day, One to 3 support (Reading, Writing, Sharing)”

Menuju Merdeka  Belajar 


Gambar 1.Rancangan Piramida Terbalik One Day , One to Support

Menjelaskan Pendamping guru penggerak berusaha melakukan praktik pendidikan terbaik dari insitif sendiri buka karena paksaaan atau karena tugas dari pemerintah

“One Day, One to 3 support (Reading, Writing, Sharing)” merupakan salah satu gerakan yang mendukung literasi kontekstual yang implementatif sebagai sasaran adalah siswa, guru, kepala sekolah dengan grand desain bahwa setiap hari yang menjadi sasaran program tersebut bisa melakukan kegiatan dan saling mendukung:

1.    Reading: membaca

Siswa                : membaca literasi dari kegiatan pembelajaran yang bermakna pada hari itu di sekolah melalui kegiatan pembelajaran formal di kelas dari materi pelajaran yang dihubungkan kehidupan sehar-hari, baik itu berupa pengetahuan baru, studi kasus dan pemecahan masalahnya

Guru                  : membaca literasi baru berkenaan keilmuan yang diajarkan kepada siswa yang berhubungan dengan materi yang diajarkan kepada siswa yang bisa dihubungkan dengan kehidupan nyata sehari-hari baik itu berupa pengetahuan baru, studi kasus dan pemecahan masalahnya

Kepala Sekolah:  membaca literasi berkenaan fungsi-fiungsi kepala sekolah dan mengamati kendala dan hambatan dalam pembelajaran maupun pengelolaan sekolah.

 

2.    Writing: menulis

Siswa, guru maupun kepala sekolah mengarsipkan semua pengalaman praktik terbaik pada hari itu yang bersifat baru dengan bentuk menulis/ foto/ membuat video/ tutorial pada media social: blog/ facebook/ instagram/ youtube bisa memanfaatkan fasilitas sekolah: lab computer, wifi sekolah, HP pribadi guru/ kepsek atau dikerjakan dirumah menggunakan fasilitas pribadi

 

3.    Sharing: Berbagi

Semua hasil praktik terbaik yang sudah ditulis atau di record langsung dipublikasikan atau di share melalui media social: blog/ facebook/ instagram/ youtube dan memonetisasi, supaya ilmu yang diterima dapat bermanfaat bagi orang lain, dan bisa menutupi content-content negate dengan kita setiap hari mengisi kontens yang positif, sekaligus bisa memacu untuk meningkatkan kemampuan literasi yang produkti

 

 


 

Rancangan  Implementasi Konsep Piramida Terbalik

One Day, One to 3 support (Reading, Writing, Sharing)


APA: 

One Day, One to 3 support (Reading, Writing, Sharing) di Sekolah Kabupaten Pati

Setiap hari siswa, guru, kepala sekolah melaksanakan kegiatan secara masiv

Reading: mengamati, membaca, mencari pengalaman praktek terbaik dalam proses belajar dan implementasi mata pelajaran yang linier dengan kontekstual kehidupan sehari- yang bermanfaat dari berbagai sumber

Writing: mendokumentasikan dalam bentuk tulisan/ video pengalaman praktik terbaik yang bermanfaat dalam 1 hari itu dalam media social Blog/ youtube/ facebook

Sharing

SIAPA : 

Siswa, guru, dan kepala sekolah

MENGAPA : 

One Day, One to 3 support (Reading, Writing, Sharing) Dengan adanya pandemi Covid 19 ini merupakan momentum batu loncatan untuk mengasah ketrampilan literasi IT yang implementatif dan produktif dengan bersinergi pada mata pelajaran yang kontekstual, yang dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari dengan memperdalam literasi implementatif dan produk 3 R di publikasikan melalui Media social (Youtobe/ facebook/ instagram dll).

BAGAIMANA : 

Dengan menerapkan One Day, One To 3 support (Reading, Writing, Sharing)  di setiap daerah akan mentransformasikan semangat budaya literasi konstekstual yang produktif dapat bermanfaat bagi semua orang dan dapat menutupi content-content negative di dunia maya, yang tergeser dengan produk content positif hasil aksi dari gerakan One Day, One To 3 support (Reading, Writing, Sharing) yang dilakukan secara masiv.

DIMANA : 

One Day, One To 3 support (Reading, Writing, Sharing)  akan di terapkan di masing-masing sekolah dengan memanfaatkan fasilitas IT sekolah yang dimiliki maupun dawai/ HP siswa, guru, kepsek dimana pelaksanaan bisa di sekolah maupun di luar sekolah menyesuaikan kebutuhan dan kondisi saat itu

KAPAN : 

Inisiatif ini akan dilaksanakan di awal tahun ajaran baru

INDIVIDU :

-Guru-guru baru maupun senior yang merasa khawatir dan resah dengan kemampuan tidak tersedianya SDM di daerah kami

-Saya akan bangun komunikasi  dengan warga sekolah, guru mata pelajaran dan terutama kepala sekolah dan orang tua siswa

-Praktik pendidikan yang saya lakukan akan membantu murid, guru atau kepsek  meningkatkan ketrampilan literasi kontekstual yang implementatif yang dapat menjadi bekal meraka serta menjadi individu yang terampil dan produktif

 

SATUAN PENDIDIKAN :

Dengan menerapkan One Day, One To 3 support (Reading, Writing, Sharing) sebagai praktik terbaik akan menjadi percontohan dan publikasi positif sekolah di daerah sekitar maupun lingkup yang lebih luas melalui dunia maya yang akan menjadikan sekolah lebih mudah terkenal sebagai nilai publikasi yang akan dikenal oleh komunitas sekolah yang sesuai

KOMUNITAS

Melalui KKG/MGMP/K3S/MKKS akan saling berbagi pengalaman implementasi One Day, One To 3 support (Reading, Writing, Sharing) sebagai praktik terbaik yang akan memudahkan untuk lebih cepat menyukseskan program tersebut yang pada akhirnya akan mendapat dukukungan dari pemerintah setelah diketahui hasil postif dari kegiatan tersebut

PEMERINTAH

Mengadakan audiensi kepada pemerintah terkait program-program yang telah dilaksanakan untuk adanya tindaklanjut dan konsistensi program. Mengajukan kerjasama di DUDI dan mengadakan pelatihan kepada siswa, guru, kepsek

 

No comments:

Post a Comment